Minggu I Prapaskah
Renungan Pagi, 29 Maret 2021

♪KJ.405 : 1,2 – Berdoa

Lukas 12 : 41 – 48
Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang (ay.43)

Melakukan tugas dengan  gembira tentu berbeda ketika melakukannya dengan penuh keluh kesah. Perbedaannya bukan saja pada hasil, tetapi juga dalam proses, karena tugas yang dilakukan dengan setia dan bijaksana memberi pengaruh positif bagi banyak pihak. Dalam perumpamaan Yesus dikemukakan perbedaan antara hamba yang setia dan bijaksana dengan hamba yang jahat penuh kekerasan. Kepercayaan terhadap hamba yang setia memungkinkannya semakin bergairah melaksanakan tugas, sebaliknya bagi hamba yang jahat berujung pada hasil yang membinasakan.

Panggilan dan pengutusan setiap percaya sangat beragam di semua bidang, namun memiliki semangat yang sama yakni setia dan bijaksana. Menjadi seorang petani hingga pejabat adalah tugas yang perlu dilakukan dengan setia dan bijaksana. Kenapa? Sebab dalam kesetiaan, maka tugas sekecil apa pun berdampak besar bagi banyak orang. Setia kepada sang pemberi tugas memungkinkan segala karya diwujudkan dengan bijaksana. Hal ini berarti selaku warga gereja di mana pun kita berada, maka kegembiraan melaksanakan tugas masing-masing akan dirasakan oleh banyak orang (bdk ay.45).

Di Minggu Pra-Paskah ini kita diundang untuk belajar dari perumpamaan Tuhan Yesus bahwa kehadiran warga gereja hendaknya selalu bermanfaat bagi banyak orang. Kebahagiaan yang didasari pada sikap setia dan bijaksana adalah kekuatan untuk terus menggemakan arti kehidupan bagi sesama. Hal ini tidak mudah, sebab kejahatan untuk mencelakakan orang lain menjadi hal yang biasa saat ini. Namun, kegembiraan menjadi berkat bagi banyak orang selalu menampilkan suasana yang penuh persahabatan.

Semuanya bertolak dari kepastian bahwa Sang tuan pasti akan datang sekalipun waktu kedatangan-Nya tidak diketahui dengan pasti. Kerjakan saja semua tugas kita dengan setia dan bijaksana, sebab kita tahu bahwa hasil kerja tersebut selalu bermanfaat bagi sesama. Maju terus bersama Tuhan Yesus, sebab dalam perseku-tuan dengan-Nya setiap tugas kita tidak pernah sia-sia.

♪KJ.405 : 3,4

Doa : (Tuhan, berkatilah setiap tugas kami agar dalam kesetiaan dan bijaksana kami membawa kegembiraan bagi banyak orang)