Minggu III Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 19 Juni 2021

♪GB.78 : 1 – Berdoa

Yesaya 59 : 20 – 21
Dan Ia akan datang sebagai penebus untuk Sion dan untuk orang-orang Yakub yang bertobat dari pemberontakannya, demikianlah Firman Tuhan (ay. 20)

Allah adalah kasih. Dia selalu rindu untuk menyatakan kasih kepada umat Nya. Walau peringatan dan hukuman Dia nyatakan bagi mereka yang tidak mengindahkan Firman-Nya, tetapi Dia juga memberikan ruang pertobatan bagi mereka yang mau mengakui kesalahan dan menyesalinya. Hal itu terlukis dalam nas ini. Dia berjanji akan datang sebagai penebus untuk Sion (ay.20). Penebusan berarti pembayaran suatu harga demi mendapatkan seseorang (nyawa, budak, istri, dll) atau sesuatu (pengampunan dosa, barang gadaian). Untuk itulah, Allah akan membayar dengan lunas mereka yang telah berbuat kesalahan karena diperbudak oleh dosa. Penebusan itu dilakukan oleh diri-Nya sendiri yang menunjuk pada pribadi Yesus Kristus.

Sebagai penebus, Dia mau menerima doa pengakuan dosa umat Allah, asalkan masing-masing dari mereka sungguh-sungguh berbalik kepada-Nya dan melakukan apa yang baik di mata-Nya. Hanya dengan demikianlah, Yerusalem dapat menyambut-Nya sebagai Penebus dan bukan sebagai Hakim saja. Buah dari penebusan Allah, membuat mereka memperoleh suatu perjanjian, sebagai tanda kasih setia-Nya. Dalam perjanjian itu, Dia akan memberikan Firman dan Roh-Nya sebagai penuntun umat tebusan-Nya untuk menjalani hidup dalam kehendak Tuhan.

Penebusan telah dilakukan oleh Allah melalui Yesus Kristus anak-Nya yang tunggal. Kristus datang memberi diri-Nya sebagai tebusan agar manusia dapat memperoleh pengampunan dosa dan pemulihan relasi yang rusak karena perseteruan dengan Allah (Ef. 1:7). Kita sebagai umat tebusan-Nya yang dituntun oleh Firman dan Roh-Nya, diingatkan untuk hadir di tengah-tengah kehidupan sebagai pribadi dan komunitas yang mau memberi diri berkorban bagi kebaikan sesama termasuk seluruh ciptaan; mengakhiri berbagai konflik kekerasan dan perseteruan; bersedia memberikan pengampunan dan merangkul mereka yang telah melukai kita menjadi saudara.

♪GB. 78 : 5

Doa : (Ya Tuhan, ajar kami yang telah Engkau tebus untuk memberi diri membagikan kebaikan-Mu di dalam kehidupan)