Minggu VI Ses. Pentakosta
Renungan Pagi, 9 Juli 2021

♪KJ.459 : 1,2 – Berdoa

Matius 6:14 – 15
Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga (ay.14)

Martin Luther King pernah berkata, “Pengampunan bukanlah tindakan sesekali, itu adalah sikap yang konstan”. Pernyataan Martin Luther King dilatarbelakangi oleh sebuah pemahaman, bahwa pengampunan harus diberikan kepada semua orang tanpa terkecuali dan tanpa syarat. Artinya, sebagai orang percaya pengampunan harus mampu diberikan bukan hanya kepada orang yang dikenal, ataupun yang memenuhi suatu syarat. Pengampunan harus diberikan secara konsisten tanpa syarat kepada mereka yang memohon pengampunan.

Pengampunan menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan orang percaya. Di dalam pengajaran-Nya, Tuhan Yesus memberikan penekanan tentang pentingnya memberikan pengampunan. Pernyataan pada ayat 14, jangan dimengerti, bahwa pengampunan dari Tuhan diberikan karena ada tindakan mengampuni yang kita lakukan. Sebagai orang percaya kita tetap harus memahami, bahwa pengampunan itu adalah anugerah Tuhan dan iman seseorang juga menyebabkan dirinya diampuni. Iman itulah yang harus dibuktikan dengan kesediaan hati untuk mau mengampuni sebagai tanda syukur atas pengampunan yang telah diterimanya dari Tuhan.

Firman Tuhan hari ini, mau mengingatkan setiap orang percaya: 1) Bapa adalah satu-satunya Sumber pengampunan; 2) Pengampunan merupakan anugerah dari-Nya dan iman kepada Tuhan Yesus Kristus dalam hidup manusia; 3) Hidup beriman artinya kehidupan yang penuh dengan ketulusan untuk memberikan pengampunan.

Bapa menganugerahkan pengampunan kepada semua orang melalui Karya Tuhan Yesus Kristus yang telah menderita, disalibkan dan mati untuk menebus dosa manusia. Sebagai orang percaya kita patut bersyukur atas anugerah pengampunan tersebut. Kita pun selayaknya memberikan pengampunan yang tulus kepada semua orang. Dengan memberikan pengampunan itu, maka semua orang dapat merasakan cinta kasih Tuhan Yesus melalui kehadiran kita.

♪KJ.459 : 3,4,5

Doa : (Tuhan, tolong ajar kami untuk lebih lagi mengasihi-Mu dengan selalu memberikan pengampunan yang tulus kepada semua orang)