Minggu VII Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 15 Juli 2021
HUT Ke-71 Pelkat GP GPIB

♪KJ.343 : 1 – Berdoa

Matius 13:31 – 32
Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila tumbuh, sesawi itu lebih besar daripada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya (ay.32)

Tidak dapat disangkal bahwa kebanyakan orang sudah dapat menyimpulkan sesuatu berdasarkan apa yang ia lihat dan dengar begitu saja. Semisal yang dia lihat dan dengar itu adalah sesuatu yang kecil atau sedikit, sehingga dapat dilihat sebagai sesuatu yang kecil, terbatas dan tak berdaya, bahkan tak berguna (Luk.9: 46-48).

Memang biji sesawi adalah benih terkecil dari semua jenis sa-yuran pada waktu itu, sehingga seakan biji sesawi itu tak berdaya, apabila belum ditaburkan dan berproses dalam tanah. Namun, ketika ia berproses tumbuh di dalam tanah, maka hasilnya akan menjadi pohon sayuran yang paling besar di antara pohon sejenis (ay.32). Begitulah Tuhan Yesus mau menjelaskan pertumbuhan Kerajaan Sorga di dunia ini. Kerajaan Sorga tidak seperti yang dipikirkan manusia. Kedatangannya tidak langsung tampak secara luar biasa. Pada awalnya banyak yang tidak yakin atau meragukan bahwa Kerajaan Sorga sudah datang atau hadir di sini dan saat ini juga, bahkan sedang berproses berkembang.

Lebih baik sedikit, tetapi berkualitas. Itulah yang baik daripada banyak, namun tak bermanfaat. Perkataan ini jelas mau menunjukkan makna dari suatu kualitas. Kerajaan Sorga pasti berkualitas walaupun kecil, tetapi dapat menghasilkan sesuatu yang besar. Begitu juga yang Tuhan Yesus rindukan dari para pengikut-Nya, khususnya para pemuda GPIB di mana pun dan sampai kapan pun. Pada hari ini pelkat GP GPIB berulang tahun ke-71, sekalipun para pemuda GPIB yang tulus melayani dan tulus terlibat dalam kegiatan gerejawi masih belum semua, tetapi Roh yang ada di dalam diri mereka dan tugas yang diberikan kepada mereka adalah sesuatu yang ilahi (Mat.5:13-16). Allah tahu bahwa setiap pemuda dapat memberi manfaat yang besar dalam kehidupan ini, karena pemuda juga termasuk warga Kerajaan Sorga.

♪ KJ.343 : 2

Doa : (Tuhan, kami bersyukur telah dapat melalui hari ini dengan berbagai aktivitas, semua itu karena penyertaan-Mu)