Minggu XIII Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 24 Agustus 2021

♪KJ.62 : 1,8 – Berdoa

Mazmur 103 : 19 – 22
Pujilah TUHAN, hai segala buatan-Nya, di segala tempat kekuasaan-Nya! Pujilah TUHAN, hai jiwaku! (ay.22)

Ayat 19-22 ini merupakan bagian penutup dari mazmur 103. Pada bagian ini, Daud menegaskan kembali sebuah seruan untuk memuji Tuhan dengan seluruh keberadaan, segenap hati, jiwa, dan pikiran. Menariknya, seruan ini tidak hanya tertuju pada individu, melainkan kepada seluruh ciptaan, bahkan malaikat-malaikat Tuhan. Hal ini menyiratkan pesan, bahwa Tuhan layak dipuji pada segala waktu dan tempat oleh karena kuasa juga kasih-Nya yang tidak berkesudahan serta menjangkau siapa pun. Karena itu, kita dapat memahami, bahwa Mazmur 103 ini tampaknya juga memberikan perhatian pada pemahaman tentang Tuhan yang berkuasa atas segala sesuatu.

Ada beberapa hal yang dapat direfleksikan melalui bacaan hari ini. Pertama, meyakini bahwa kita adalah milik Tuhan. Kedua, hidup kita diatur oleh-Nya. Ketiga, Tuhan berkuasa atas seluruh kehidupan kita. Karena itu, serahkanlah kehidupan kita ke dalam tuntunan-Nya. Berusahalah untuk terus beriman pada Tuhan dan ungkapkanlah pujian kepada-Nya dengan sepenuh hati juga kesadaran, serta apapun keadaan kita: dalam susah maupun senang.

Mengapa demikian? Sebab pujian kepada Tuhan juga merupakan ekspresi keyakinan kita pada kuasa dan kasih-Nya yang tidak berkesudahan. Dalam masa senang, kita memuji Tuhan. Karena kita percaya, bahwa masa senang adalah berkat dan anugerah dari Tuhan. Dalam masa sulit atau pun susah, kita memuji Tuhan. Karena kita percaya, tidak dibiarkan sendirian oleh Tuhan. Kita percaya, bahwa Tuhan bekerja bersama dan akan menolong serta memampukan untuk melalui masa sulit kehidupan. Inilah yang setidaknya turut menjadi ekspresi keyakinan kita, bahwa Tuhan berkuasa atas segala sesuatu. Ia berkuasa dalam hidup kita dan dunia ini. Pujilah Tuhan!

♪KJ.62 : 10,11,12

Doa : (Ya Tuhan, aku percaya bahwa Engkau berkuasa atas segala sesuatu. Tolong ajarlah aku untuk terus berserah pada-Mu)