Minggu XIV Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 4 September 2021

♪KJ.283 : 1– Berdoa

Zakharia 12 : 7-9
Pada waktu itu Tuhan akan melindung penduduk Yerusalem… (ay. 8a)

Firman Tuhan terhadap Yehuda adalah sebagai berikut: 1). Pertama-tama Tuhan akan memberi kemenangan kepada kemah-kemah Yehuda, supaya keluarga Daud dan penduduk Yerusalem jangan terlalu bermegah-megah terhadap Yehuda. 2). Tuhan akan melindungi penduduk Yerusalem dan orang yang tersandung di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Allah, seperti malaikat Tuhan yang mengepalai mereka. 3). Tuhan berikhtiar untuk memusnahkan segala bangsa yang menyerang Yerusalem.

Berdasarkan firman Allah tentang masa depan Yehuda, maka dapat disimpulkan, bahwa 1). Tuhan tidak menghendaki umat-Nya terjebak dalam ketidak-setaraan. Nyatanya ketidak-setaraan bertentangan dengan kodrat manusia itu sendiri. Semua manusia sama di mata Tuhan. Secara sosiologis dapat dikatakan bahwa perkembangan industri menimbulkan pembagian kerja dan ini bisa mengakibatkan pengelompokan masyarakat yang saling merendahkan satu kelompok dengan kelompok lainnya. Di jemaat hal itu hendaknya harus dicegah. 2). Gereja melindungi warganya yang tersandung (tidak beruntung). Jangan remehkan mereka, sebab mereka nanti bisa saja menjadi pemimpin, seperti Daud, 3). Tuhan bermaksud untuk memusnahkan segala bangsa yang menyerang Yerusalem. Tuhan akan membasmi siapa saja yang menyerang umat-Nya. Tuhan tidak menghendaki bangsa mana pun yang Ia ciptakan untuk merusak umat-Nya yang dikasihi-Nya. Tuhan melindungi umat-Nya.

Keyakinan atas perlindungan Tuhan, menjadikan kita berpengharapan dalam menjalani kehidupan yang sarat dengan tantangan dan masalah. Sebagai umat yang percaya, pertolongan Tuhan tidak perlu diragukan selama kita hidup mengasihi Tuhan Yesus dan menyerahkan segala kekuatiran dan ketakutan kita. Selalu bersyukur atas karya Allah yang memberkati hidup kita setiap hari.

♪KJ.283 : 3

Doa : (Tuhan, kami bersyukur, sebab Engkau peduli keselamatan umat-Mu)