Minggu XVII Ses. Pentakosta
Renungan Malam, 20 September 2021

♪KJ.7 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 17:22 – 28
…aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal (ay.23b).

Pernahkah Anda bepergian dengan pesawat terbang…? Kalau pernah sudah berapa kali…? Ya…sebagian besar kita pasti sudah pernah bepergian menggunakan pesawat terbang, bahkan mungkin sudah sering kali. Setiap naik pesawat, apakah kita sudah mengenal pilot dan kopilotnya? Tentu saja kebanyakan kita belum mengenal pilot dan kopilotnya, tetapi kita percaya pada me-reka yang akan menerbangkan kita dan sampai mendarat di tempat tujuan kita. Ya, meskipun kita tidak kenal, tetapi kita percaya.

Begitu juga dengan apa yang disaksikan Rasul Paulus, ketika berjalan-jalan di kota Atena, melihat barang-barang pujaan orang-orang Atena, Paulus menjumpai sebuah mezbah dengan tulisan “kepada Allah yang tidak dikenal”. Ternyata, di antara orang-orang di kota Atena itu – meskipun mereka tidak mengenal -, namun mereka percaya. Lalu Paulus bersaksi bahwa “Allah yang tidak dikenal” adalah Allah yang diberitakan Paulus, yaitu Allah yang telah menjadikan langit, bumi dan segala isinya, Dialah yang memberi nafas kehidupan dan segala sesuatu untuk semua orang, di dalam Dia semua hidup dan bergerak.

Kalau orang-orang di kota Atena itu percaya meskipun tidak kenal kepada Allah sehingga mereka membuat mezbah untuk menyembah-Nya, bagaimana dengan kita? Tentu saja kita mengenal Allah yang telah menciptakan langit, bumi dan isinya. Kita juga mengenal bahwa kita manusia telah diciptakan-Nya sehingga dapat bernafas dan bergerak alias Hidup ! Kita mengenal kalau kita adalah umat-Nya. Lalu, apakah kita sudah selalu datang dan menyembah-Nya? Melalui Firman Tuhan ini, kita mau diingatkan bahwa dengan menyembah Allah yang kita kenal, seharusnya kita lebih tahu menyembah Tuhan daripada mereka yang tidak mengenal Tuhan, namun percaya. Mari, kita buktikan melalui perkataan dan perbuatan kita bahwa kita adalah umat yang sudah me ngenal Tuhan Allah.

♪KJ.7 : 2

Doa : (Ya Allah, tolong mampukan kami untuk tetap menjadi umat yang mengenal-Mu dan melakukan apa yang Engkau kehendaki)