Renungan Malam 20 Oktober 2019

KJ.58 : 1 – Berdoa

Ezra 4 : 17 – 24
Pada waktu itu terhentilah pekerjaan membangun rumah Allah yang di Yerusalem, dan tetap terhenti sampai tahun yang kedua zaman pemerintahan Darius, raja negeri Persia (ay.24)

Setelah terjadi penolakan atas tawaran Orang samaria dalam bacaan pagi hari tadi, malam ini kita diajak melihat strategi orang Samaria untuk menentang pembangunan Yerusalem dengan cara yang licik. Kali ini kaum bangsawan Samaria memandang pemberitahuan kepada Arthsasta bahwa Yerusalem yang kuat akan membahayakan keamanan kerajaan. Raja membalas surat jawaban kepada kaum oposan (ay 17-18).

Hasil penyelidikan itu didapati bahwa kota itu sejak zaman dahulu, penduduknya selalu mendurhaka dan memberontak (ay 19-20). Sehingga raja Arthsasta mengeluarkan perintah menghentikan pembangunan kota (ay 21). Dengan cara kasar mereka mamaksa orang-orang menghentikan pekerjaan itu (ay 23). Maka berhentilah pembangunan rumah Allah selama sekitar 15 tahun lamanya. Antara tahun 535-520 SM (sampai tahun yang kedua zaman pemerintahan Darius, raja negeri Persia).

Tantangan seperti terhambatnya pembangungn rumah Allah itu pun masih saja terjadi di zaman pasca modern ini. Banyak faktor yang terkait persoalan hidup berbangsa. Perihal SARA, masalah intoleransi, masih terjadi yang arah dan tujuannya mengganggu hidup keberagamaan dan kedamaian bangsa ini. Kita diajak untuk menjawab tantangan ini dengan tetap menjaga dan merawat kemajemukan bangsa kita.

Keteguhan hati dan keberanian kita untuk menghadapi semua tantangan menjadikan kita tetap bisa berjalan sebagai seorang murid Kristus yang setia. Sambil tetap bersikap bijak menghadapi tantangan bukan dengan kekuatan diri akan tetapi mengandalkan Tuhan yang akan memberi solusi terbaik untuk menghadapinya.
Ketika kita menghadapi pergumulan dalam hidup, mintalah hikmat dari Tuhan, karena Tuhan punya solusi dan cara yang terbaik.

KJ.58 : 2

Doa : (Ya Tuhan, berilah kami hikmat dan keberanian menghadapi tantangan di dalam kehidupan berbangsa dan menemukan solusi dan cara terbaik)