Renungan Malam 30 Agustus 2019

GB.240 : 1 – Berdoa

Daniel 6 : 20 – 29
Pagi-pagi ketika fajar menyingsing, bangunlah raja dan pergi dengan buru-buru ke gua singa (ay.20)

Daniel telah dibuang ke gua singa. Para penjahat yang iri hati telah bersekongkol jahat dan mendorong raja membuat peraturan yang mengancam hidup Daniel. Raja sangat menyesal karena aturannya menyebabkan Daniel terhukum. Daniel adalah seorang pejabat tinggi yang setia, jujur, benar dan berkualitas.

Semalaman raja berpuasa, berkabung atas hukuman yang diterima Daniel. Pada pagi-pagi sekali, raja buru-buru pergi ke gua singa. Ia ingin mengetahui keadaan Daniel di gua singa. Keselamatan dan kehidupan Daniel menjadi perhatian raja. Raja yakin Allah yang disembah Daniel akan menyelamatkan Daniel dari singa-singa yang buas. Raja berseru dengan suara sayu. “Daniel hamba Allah yang hidup, Allahmu yang kau sembah dengan tekun, telah sanggupkah Ia melepaskan engkau dari singa-singa itu?”. Jawaban Daniel meneguhkan keyakinan raja. “Allahku telah mengutus malaikat-Nya untuk mengatupkan mulut singa-singa itu, sehingga mereka tidak mengapa-apakan aku.”

Tuhan menolong Daniel kerena ia tidak bersalah, baik terhadap Tuhan maupun terhadap raja. Gua singa bukan akhir hidup Daniel. Akhirnya kebenaran selalu menang atas kejahatan. Raja bersukacita. Daniel diangkat dari gua singa. Sebaliknya para pejabat yang telah menuduh Daniel bersalah dan keluarganya dilemparkan ke gua singa. Daniel dipulihkan namanya oleh raja Darius. Terlebih nama Allahnya Daniel dikumandangkan oleh raja dan diagungkan di seluruh wilayah kerajaan.

Pemimpin mesti selalu peduli dan berpihak pada kebenaran dan orang yang melakukan kebenaran. Aturan dibuat untuk dijalankan tanpa pandang bulu. Tetapi jika aturan keliru dan memasung kebenaran atau mengorbankan orang benar maka perlu dikoreksi dan diperbarui. Setialah pada Tuhan dan tetaplah bekerja dengan jujur dan benar. Taati aturan dan hormat pemimpin. Maka saat kita dijatuhkan, Tuhan akan mengangkat kita. Sebaliknya, yang menjatuhkan kita akan jatuh selamanya.

GB.240 : 2,3

Doa : (Tuhan, tolong kami agar tetap bekerja jujur, setia, benar, taat aturan dan hormati pemimpin. Jika kami jatuh, angkat dan pulihkan kami)