Renungan Malam 27 November 2019

GB.252 : 1 – Berdoa

Yosua 2 : 8 – 24
“Lalu jawab kedua orang itu kepadanya: ”Nyawa kamilah jaminan bagi kamu, asalkan jangan kau kabarkan perkara kami ini: …. (ay.14)

Jika kita melihat tindakan Rahab, maka kita dapat saja menyatakan; “Rahab nekad, berani banget yah! Gak takut mati apa?” tindakan Rahab bukan hanya sekedar nekad, tetapi keberanian yang didasarkan pada keyakinannya kepada TUHAN.” Aku tahu, bahwa TUHAN telah memberikan negeri ini kepada kamu” (ayat 9a); sebab Tuhan, Allahmu, ialah Allah di langit di atas, dan di bumi di bawah” (ayat 11). Rahab yang telah melakukan tindakan yang sangat penting dengan bersedia dipakai Tuhan menjadi alat-Nya, sekalipun dengan risiko yang sangat berat.

Andaikan ketahuan bahwa Rahab menyembunyikan dua pengintai orang Israel, pastilah Rahab dan keluarga akan menerima hukuman berat. Tuhan yang telah menolong dua pengintai melalui Rahab, yakni diturunkan dengan tali melalui jendela dan diarahkan untuk bersembunyi di pegunungan selama tiga hari. Tuhan juga memberikan perlindungan bagi Rahab dan seisi rumahnya. Hal ini ditandai dengan kesepakatan yang terjadi “tali dan kain kirmizi.” Pada akhirnya Tuhan menolong melewati tantangan bagi dua pengintai dan juga Rahab sekeluarga. Tuhan sanggup memberikan pertolongan dan perlindungan bagi dua orang pengintai dan Rahab sekeluarga. Tuhan juga pasti sanggup menolong dan melindungi kita.

Sadar atau tidak dalam kehidupan ini, kita pun menerima banyak hal baik sebagi tanda pertolongan dan perlindungan Tuhan bagi kita dalam melewati tantangan. Anak-anak yang bertumbuh besar dengan karakter yang baik dan menjadi oran berhasil, merupakan bukti bahwa Tuhan telah menolong kita. Usaha kita yang tetap berjalan walau dengan tantangan yang berat itulah pertolongan Tuhan karena kita menjalankan usaha dengan cara jujur. Rumah tangga yang hidup dalam damai, itulah tanda Tuhan telah menolong kita karena bersedia sabar dalam menghadapi pasangan. Kiranya semuanya menyadarkan kita untuk bersedia hidup bersama Tuhan dalam menghadapi tantangan hidup. Bersedia terus menerus dipakai Tuhan sebagai alat-Nya menyatakan kebenaran dan hidup dengan mengandalkan Tuhan.

GB.252 : 4,5

Doa : (Tuhan, kami bersyukur atas semua kebaikan yang telah kami terima sebagai tanda pertolongan dan perlindungan-Mu bagi kami)