Renungan Pagi 23 Desember 2019

KJ 86 : 1, 4, 5 – Berdoa

Perlindungan Yang Kokoh
Mazmur 89 : 20 – 38
“Bapaku Engkau, Allahku dan Gunung Batu keselamatanku.” (ay. 27)

Kasih setia Tuhan tidak pernah surut bagi orang pilihanNya. Dengan kekuataNya, Tuhan menyatakan kasih setianya. Begitulah yang terjadi pada Daud, orang pilihanNya. “Aku telah mengurapinya dengan minyak-Ku yang kudus, maka tangan-Ku tetap dengan Dia, bahkan lengan-Ku meneguhkan Dia.” (ay. 21, 22). Lebih jauh, kasih setia Tuhan kepada Daud dinyatakan demikian, “kesetiaan-Ku dan kasih-Ku menyertai dia, dan oleh karena nama-Ku tanduknya akan meninggi” (ay. 25). Janji Tuhan itu berlaku juga bagi keturunan Daud dan kerajaannya sebagaimana dinyatakan di ayat 37 “anak cucunya akan ada untuk selama-lamanya, dan takhtanya seperti matahari di depan mata-Ku”.
Berbahagialah kita yang menjadi orang pilihanNya, karena janjiNya kepada Daud juga diberlakukan bagi kita dan anak cucu kita. Kasih dan kesetiaanNya menyertai kita senantiasa yang denganNya hidup kita berada dalam naunganNya dimana Ia sungguh menjadi tempat perlindungan yang kokoh. Dalam segala situasi yang kita hadapi, Ia tetap menaungi kita dan kepadaNya kita dapat memohon pertolonganNya. Di dalam Dia kita beroleh perlindungan yang kokoh. Kita bisa saja tersandung dan jatuh, bahkan melanggar ketetapanNya yang berakibat hukuman Tuhan menimpa kita, namun “…kasih setia-Ku tidak akan Ku jauhkan dari padanya dan Aku tidak akan berlaku curang dalam hal kesetiaan-Ku” (ay. 34).
Dengan bersandar pada keyakinan iman seperti itulah kita akan menyambut Natal Kristus dengan penuh sukacita, bahwa Ia satu-satunya perlindungan yang kokoh bagi kita. Ia telah menyatakanNya kepada Daud dan menjadi pegangan juga bagi kita saat ini. Ia menjanjikan penyertaanNya dan kasihNya yang menaungi kita senantiasa. Kasih setianNya menindak sekaligus memulihkan kita untuk terus beroleh damai sejahteraNya di dalam dan bersama Dia kita beroleh perlindungan yang kokoh.

GB 220 : 1, 2

Doa : Terima kasih ya Tuhan atas kasih setia-Mu bagi kami, bimbinglah kami kepada-Mu, untuk beroleh perlindungan yang kokoh.