Renungan Malam 08 Mei 2020

KJ.365a : 1,2,3 – Berdoa

Imamat 5 : 14 – 19
“Itulah korban penebus salah; orang itu sungguh bersalah terhadap TUHAN” (ay.19)

Melanggar kekudusan Allah adalah serius. Kata “kudus” (kabod) biasanya dimengerti sebagai segala sesuatu yang dipisahkan untuk Allah. Kurban penebus salah dipersembahkan ketika seseorang tidak sengaja berbuat dosa atau ketika seseorang melanggar kekudusan TUHAN (ayat 15). Kemungkinan ini berkaitan dengan dua hal: pertama, yakni orang berubah tidak setia kepada Tuhan dengan cara menggelapkan yang atau barang-barang yang seharusnya dipersembahkan kepada Dia, tetapi dipakainya untuk kepentingan diri sendiri atau keluarga. Kedua, perihal menyentuh barang kudus Tuhan yang hanya boleh disentuh oleh imam. Ada dua solusi dari masalah ini, yaitu: pertama, ia mesti menggantikan barang kudus yang menyebabkannya berdosa dan ditambah denda seperlima (ayat 16). Kedua, imam harus mengadakan pendamaian, yaitu domba jantan menjadi kurban penebusan salah (ayat 18). Dengan sikap yang demikianlah, umat memperoleh pengampunan dari TUHAN Allah.

Hubungan kita dengan TUHAN seharusnya adalah hubungan yang dipenuhi dengan kekudusan. Sebab TUHAN yang memanggil kita adalah TUHAN yang kudus. Itulah sebabnya Dia berfirman: “Kuduslah kamu sebab aku, TUHAN, Allahmu, kudus (Imamat 19:2 bnd. 1 Petrus 1:16). Pelanggaran terhadap kekudusan TUHAN merupakan hal yang serius, yang harus diselesaikan dengan cara yang serius juga. Itulah sebabnya pengakuan dosa dan memohon pengampunan dari Allah sangat penting supaya hidup kita dipulihkan. Hidup kudus adalah anugerah Tuhan. Hidup kudus merupakan akibat perubahan status dari orang belum percaya menjadi anak Tuhan, dari orang berdosa menjadi orang yang dibenarkan. Hal ini menjadi dasar hidup orang percaya. Supaya hidup kita selalu kudus, kita harus tegas membuang segala dosa yang menyakiti hati TUHAN dan sesama (1 Petrus 2:1). Selamat hidup kudus!

KJ.365a : 4,5,6

Doa : (Tolong kami, ya TUHAN, untuk dapat menghargai anugerah pengampunan-Mu dengan hidup kudus seturut kehendak-Mu.Amin)