Minggu XVII Ses. Pentakosta
Renungan Pagi, 23 September 2021

♪KJ.256 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 21 : 15 – 16
Bersama-sama dengan kami turut juga beberapa murid dari Kaisarea. Mereka membawa kami ke rumah seorang yang bernama Manason. Ia dari Siprus dan sudah lama menjadi murid, kami akan menumpang di rumahnya (ay. 16)

Pernahkah kita melakukan perjalanan jauh sendirian, tanpa teman? Bagaimana rasanya? Tidak enak bukan? Perjalanan terasa lama dan sepi, serta membosankan. Coba kalau ada teman seperjalanan, apalagi kalau perginya beramai-ramai, tentu akan beda rasanya. Dalam perjalanan akan ada banyak senda gurau, dan dapat bercakap-cakap tentang banyak hal. Perjalanan itu tidak akan terasa lama juga tak membosankan. Bila terjadi sesuatu dalam perjalanan tersebut, kita juga bisa saling membantu satu sama lain.

Itu seperti yang dilakukan Paulus dan para murid. Mereka berjalan bersama dari Kaisarea ke Yerusalem. Perjalanan pada waktu itu cukup melelahkan, karena belum ada kendaraan bermotor atau pun kereta api seperti sekarang. Jarak dari Kaisarea ke Yerusalem adalah 121,9 Km. Bila ditempuh dengan mobil pribadi waktu tempuhnya bisa mencapai 1 jam 21 menit. Bayangkan kalau kita berjalan kaki, maka waktu tempuhnya bisa berjam-jam, bahkan satu atau dua hari lamanya. Dengan waktu yang cukup lama ini, mereka diuntungkan pergi bersama-sama dan saling membantu. Seperti ketika mereka membawa Paulus ke rumah Manason untuk beristirahat, menginap di rumahnya.

Kita pun saat ini sedang melakukan perjalanan kehidupan dengan waktu tempuh yang tidak terhingga. Kita butuh teman seperjalanan, yaitu keluarga sendiri, seperti: suami, istri, anak-anak dan orangtua. Kita juga butuh sahabat sahabat, teman kerja, rekan sepelayanan di Gereja, tetangga dan siapa pun di lingkungan sekitar untuk menjadi kawan seperjalanan kehidupan yang bisa saling menolong satu sama lain. Selain itu yang terpenting adalah teman seperjalanan kita yang sejati, yaitu Tuhan Yesus. Mari, kita berjalan Bersama dan bergandengan bersama, seperjalanan dalam kehidupan ini.

♪KJ.256 : 3

Doa : (Terimakasih ya Tuhan, Engkau telah memberi kami keluarga dan sahabat. Bahkan Engkau juga menjadi teman seperjalanan kehidupan kami. Mohon lindungilah kami selalu, ya Tuhan)