Minggu Adven 1
Renungan Malam , 30 November 2021

♪ KJ.367 : 1 – Berdoa

Lukas 12 : 16 – 21
Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya Sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah.(ay. 21)

Siapa yang tidak ingin menjadi sukses dan kaya dalam hidupnya? Setiap orang pasti memiliki “mimpi” yang ingln dicapainya_ Setidaknya, pencapaian mimpi bisa membuat mereka membuktikan bahwa diri mereka bisa melakukan hal yang baik. Bill Gates pernah berkata: “Jika Anda terlahir miskin, itu bukan kesalahan Anda. Tetapi jika Anda meninggal dalam keadaan miskin, itu kesalahan Anda,” Ungkapan ini merefleksikan tidak adanya usaha selama hidup untuk menjadi ebih baik, dan ketika menjadi lebih baik/kaya pun perlu dipertanyakan. Jadi bagaimana?

Yesus kernbali mengajar pengikut-Nya dengan peringatan agar waspada terhadap ketamakan. Yesus membuat sebuah perumpamaan tentang orang kaya yang memiliki segaa sesuatu. Apa yang salah dengan orang kaya tersebut? la menempatkan harta kekayaan sebagai yang utama, dan melupakan Sang Pencipta la mengandalkan hartanya, dan melupakan Sang Penguasa atas hidup manusia. Bahkan nyawanya sendiri pun milik Allah. Setelah semua usahanya mengumpulkan harta yang banyak, Allah kernudian mencabut nyawanya (ay 20). Tidak ada sesuatu apapun di dunia ini yang dapat menjamin kehidupan kita. Kita hanya bisa mengusahakan untuk memiliki sesuatu di bumi ini.

Sesungguhnya tidak ada masalah untuk menjadi kaya, bahkan sangat kaya. Yesus sendiri tidak melarang kita untuk menjadi kaya. Tetapi la engingatkan agar manusia tidak menjadi tamak. Sebagai pengikut-pengikut Kristus kita harus bijak terhadap harta, agar akhir hidup kita tidak sia-sia. Bagaimana caranya? Pertama, menempatkan harta pada posisi yang benar. Dan bagaimana kita manfaatkan sesuai dengan kehendak-Nya. Kedua, bersikap benar terhadap harta, yaitu memiliki rasa cukup dan selalu bersyukur kepada Tuhan. Ketiga, memakai uang dengan benar untuk kemuliaan Allah dan mendatangkan manfaat bagi sesama atau menjadi berkat bagi orang-orang

KJ.367: 3
Doa : (Ya Tuhan, biarlah setiap berkat yang Engkau karuniakan kami Syukuri sorta gunakan bagi kemuliaan nama-Mu)