Minggu Adven 1
Renungan Pagi ,30 November 2021

♪ GB.204 : 1 – Berdoa

Lukas 12 : 13-15
Kata-Nva lagi kepada mereka: berjaga-jagalah dan Waspadalah segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari kekayamnya itu. (ay. I5)

Seringkali dalam relasi saudara dengan saudara berujung pada permusuhan bahkan sampai berperkara di pengadilan karena berebut warisan. Padahal mereka adalah saudara sekandung. Penyebabnya adalah pembagian harta yang dianggap tidak adil di antara saudara sekandung sendiri. Yang tertua cenderung ingin menguasai sebagian besar warisan itu. Sikap dernikian tidak serta merta membuatnya dapat menikmati warisan tersebut. Malah jadi sumber masalah terus menerus. Diakui soal perkara warisan hingga Saat ini pun masih jadi perkara yang cukup rumit.

Di tengah kisruh soal warisan, seseorang memberanikan diri datang kepada Yesus dan meminta agar Yesus menyampaikan kepada saudaranya. Yesus menjawab bahwa Dia tidak mau menjadi hakim atau pengantara dalam hal seperti itu. Tugas Yesus adalah menyampaikan kebenaran Firman Tuhan, supaya orang-orang mengertl dan mengenal Allah yang benar melalui diri-Nya Yesus hanya mengatakan satu pesan yang begitu jelas dan mengingatkan bahwa kerakusan dan ketamakan dapat menjadi pendorong orang untuk mengabaikan persaudaraan dan kekeluargaan. Kedua hal ini juga sering kali menyebabkan manusia jauh dari Allah karena lebih mengutamakan dan memprioritaskan harta benda, kuasa dan kenikmatan daripada Tuhan.

Di sinilah kita juga diingatkan untuk mewaspadai ketamakan; yaitu bagaimana kita mengawasi diri; menjaga hati baik-baik dan tidak bersikap tamak. Peliharalah dirimu dan balutlah hatimu dengan kasih Tuhan, agar jangan sampai ketamakan menguasai hidup kita. Kita juga diingatkan agar tidak menikmati kekayaan yang dimiliki hanya bag diri sendiri. Kita dipanggil untuk menggunakan segenap kekayaan yang dimiliki bagi kemuliaan nama Tuhan. Ketamakan juga bisa diatasi dengan kebiasaan mencukupkan diri dan mensyukuri apa yang ada pada kita.

GB. 204 : 2

Doa : (Tuhan Yesus, biarlah kami dapat diri, sehingga seluruh hidup kami memuliakan nama-Mu serta bersyukur)