Minggu Adven 1
Renungan Malam , 1 Desember 2021

♪ KJ.247 : 1 – Berdoa

Lukas 12 : 33 – 34
Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di surga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat (ay. 33)

Siapapun pasti menginginkan kehidupan seperti yang dikatakan: “Muda bahagia, tua kaya raya, mati masuk surga.” Ungkapan ini meskipun bersifat menyindir tapi ada dalam pikiran banyak orang. Kebanyakan orang muda ingin menghabiskan waktu mereka dengan bersenang-senang bersama teman-teman mereka, dan saat tua ingin kaya raya dengan, serta yang terakhir “mati masuk surga.” Siapa yang tidak mau mati Ialu masuk surga?

Inilah yang diingatkan Yesus, bahwa tidak semudah yang dibayangkan beroleh hidup kekal dalam Kerajaan-Nya. Justru bagaimana pentingnya upaya mencari Kerajaan-Nya (Luk 12:31), yaitu membiarkan Allah menentukan arah kehidupan dengan memperhatikan tuntutan ekstrem, dan sederhana sebenarnya, namun sebuah tuntutan yang sulit untuk dilaksanakan, yaitu ketika diminta “Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah!” Di sini Yesus menegaskan betapa pentingnya mengumpulkan harta di surga (ay.33), karena sesuai dengan janji-Nya akan menerima “harta abadi” di surga bagi para pengikut-Nya. Masalahnya adalah kekhawatiran akan kehidupan duniawi, karir, dan kepunyaan kita, yang dapat menjadi halangan untuk meraih Kerajaan Allah.

Bagi kita saat ini, diingatkan agar bijak menjalani hidup dengan segala upaya yang dilakukan untuk menjadi kaya. Sesungguhnya Yesus tidak membenci orang kaya dan tidak melarang kita menjadi kaya. Yang terpenting adalah:bagaimana kekayaan itu didapatkan, bagaimana kekayaan itu digunakan dan bagaimana dampak kekayaan itu bagi si pemilik. Ditegaskan agar hidup kita harus menghasilkan buah yang memuliakan nama-Nya. Kekayaan atau harta tidak boleh dijadikan tujuan hidup, tetapi menjadi sarana mencapai tujuan hidup yang dikehendaki Tuhan dan menggenapi rencana-Nya.

KJ.247 : 3
Doa : (Bapa Pengasih, mohon mampukan kami menjadi kaya di hadapan-Mu, dan menggunakan kekayaan untuk kemuliaan nama-Mu)

AS.Q/yrs